Selasa, 13 Maret 2012

BMW i3 Hadir Dengan Tampilan Keren

BMW i3 (carmagazine.com)
Salah satu produk kendaraan mewah BMW i3 kini muncul dengan tampilan keren dalam sosok produksi. Sebelumnya BMW i3 muncul dalam bentuk konsep dan berselubung saat melakukan tes jalan di proving ground Miramas, Marseilles.

Rencananya proyek pembuatan mobil mewah BMW i3 yang dipimpin Ulrich Kranz ini akan diperkenalkan pada akhir tahun 2013 atau awal tahun 2014 dengan kapasitas produksi 100.000 per tahun.

Seperti dikutip dari Kompas, BMW memang telah mempersiapkan hatchback ini dengan sejumlah kelebihan untuk menyaingi Audi A2, di antaranya lewat pemakaian sasis aluminium dengan bodi dari bahan serat karbon. Dengan letak mesin di belakang membuat titik berat di tengah (50:50) dengan pusat gravitasi rendah. Efeknya, mampu memberikan stabilitas yang baik dan daya cengkeram optimal. Ditambah penggunaan suspensi spring struts axle di depan dan multilink belakang berkarakter sport.

Untuk tenaga penggerak, BMW i3 ini dibekali teknologi hybrid plug-in. Yang menarik di sini, motor listriknya mempunyai tenaga 170 PS dan lebih besar dibanding mesin 1.5 liter  yang hanya 80 PS. Ketika berakselerasi 0-100 kpj hanya butuh 7,9 detik, tapi kecepatan maksimum dibatasi hingga 150 kpj. Daya jelajah motor listrik tersebut mencapai 160 km. Selepas itu, BMW i3 masih bisa bergulir sejauh 80 km (sesuai kapasitas tangki) menggunakan mesin 3 silinder segaris. Pengisian ulang baterai juga bisa dilakukan dengan menggunakan panas yang dihasilkan saat melakukan deselarasi lewat rem.

Untuk semua produk i, BMW sudah melengkapi dengan teknologi One Pedal Control (kontrol satu pedal untuk akselerasi dan deselerasi berdasarkan injakan pedal), Active Brake Control (aktif hingga 60 kpj, termasuk sensor terhadap pejalan kaki), Park Assist (termasuk navigasi otomatis), Congestion Assist (pantauan kemacetan), Range Assist (penunjuk lokasi pengisian), Precondition Assist (info waktu pendinginan, suhu mesin dan isi ulang baterai—bisa menggunakan koneksi telepon pintar), dan Navigasi Assist (termasuk semua layanan standar sistem navigasi).

Tak lama setelah bergulir, produk i lain akan menyusul. Dalam waktu yang tak lama i8, sedan kupe 2 pintu yang juga sedang tes jalan bakal hadir dalam tahun yang sama dengan i3 di awal 2014. Sedangkan i5, MPV 5 penumpang diperkenalkan 2015 (tentatif) dan i1 dengan kofigurasi jok 2+2 berdimensi mini diproduksi setahun setelahnya. (Op)/sumber:Kompas

9 komentar:

  1. wow tampil elegan banget yang terbaru ini, hemmm kapan ya kebeli, hehe nice share

    BalasHapus
  2. hehehe...kapan yah q punya bmw kayak gtu bang...cieee
    salam semangat bang

    BalasHapus
  3. Wooow,,,, kereen,,,,
    bisa enggak ya kumiliki?
    baru mimpi nih,,,,

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
  4. membuatku semakin indah bermimpi
    untuk bersemangat ingin memiliki
    BMW yang keren sekali

    hehehe :D

    BalasHapus
  5. kunjungan mlm smbil baca2 artikel,

    BalasHapus
  6. waaa 1000 thn kmudian bau bisa punya mbl ginian kali yach sob...!!! hehehehehe

    BalasHapus
  7. kapan ya punya mobil kek gitu, hahaha ngayall

    BalasHapus