Senin, 19 Maret 2012

Bagaimana Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus dan Tepat?

Ketika kita sakit, terkadang kita baru menyadari betapa pentingnya kesehatan dalam hidup ini. Bahkan, banyak orang yang menempuh berbagai cara untuk menjaga dan merawat kesehatan. Ada juga yang mencari asuransi kesehatan untuk menunjang dan menjamin kesehatannya. Apalagi biaya perawatan dan pengobatan penyakit kini semakin melangit. Sulit dibayangkan apabila kita sedang sakit namun kondisi keuangan sedang menipis.

Namun kita juga harus berhati-hati dalam memilih asuransi kesehatan yang bagus. Dengan mengikuti program asuransi kesehatan berarti kita telah mengalihkan risiko kepada pihak lain. Untuk risiko yang dialihkan itu, kita diharuskan membayar premi asuransi yang besarnya bergantung pada risiko yang dialihkan dan manfaat yang ingin diperoleh. Meskipun demikian, kita juga harus tetap jeli memilih asuransi yang tepat supaya tidak dirugikan di kemudian hari.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk Anda :

Bonadifitas dan Track Record
Belakangan ini tersebar cukup banyak asuransi kesehatan yang ditawarkan melalui penyelenggara kartu kredit (Issuer). Artinya, selain penawaran langsung dari perusahaan asuransi kesehatan, ada juga penawaran asuransi kesehatan melalui penyelenggara kartu kredit (Issuer). Kepada card holder ditawarkan benefit dari asuransi kesehatan dan preminya langsung dibebankan kepada pemegang kartu melalui kartu kreditnya.

Pada titik ini Anda mesti mencermati keuntungan apa yang diberikan perusahaan asuransi yang Anda pilih itu. Apakah perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan penerbit kartu kredit tersebut cukup bonafide dan telah memiliki pengalaman yang bagus? Jangan sampai, ketika Anda sakit dan mengajukan klaim, prosesnya malah lebih sulit. Bahkan menyulitkan Anda. Jadi, untuk memilih perusahaan asuransi kesehatan, paling tidak ada dua hal yang mesti di perhatikan, yakni bonafiditas dan track record-nya dan keuntungan ditawarkan dibandingkan dengan premi yang dibebankan kepada Anda.

Tabungan dan Investasi
Layanan asuransi kesehatan sekarang amat bervariasi. Di samping menawarkan jaminan pembiayaan sewaktu sakit, ada yang mengkombinasikannya dengan layanan tertentu. Misalnya, premi yang dibayarkan sebagian akan diberlakukan sebagai tabungan atau investasi. Sudah tentu tawaran ini menarik. Tetapi biasanya premi asuransi yang ditawarkan juga akan lebih besar.

Di samping itu, sebenarnya mereka yang ikut program asuransi dalam usia muda akan mendapat beberapa kemudahan. Misalnya, tidak diperlukan pemeriksaan kesehatan. Perlu diingat bahwa premi asuransi akan meningkat dengan meningkatnya usia si nasabah. Jadi, daftarkan diri Anda pada asuransi kesehatan ketika masih muda.

Apple to apple
Lihat perbandingan antara manfaat yang didapatkan dengan premi yang harus Anda bayar. Caranya, bandingkan perusahaan asuransi yang satu dengan perusahaan asuransi yang lain (apple to apple). Bila terdapat deductible (biaya sendiri), hitung seberapa besar biaya deductible yang dikenakan. Bandingkan juga dengan penghematan atau pengurangan biaya preminya.

Asuransi Kesehatan dan Rumah Sakit
Selain itu, Anda juga mesti memperhatikan rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi kesehatan itu. Semakin banyak rumah sakit yang bekerja sama, semakin bonafide perusahaan asuransi tersebut. Percuma jika Anda memiliki asuransi kesehatan bila ternyata rumah sakit di dekat rumah Anda, misalnya, tidak memiliki kerja sama dengan asuransi kesehatan yang Anda miliki.

Cepat Membayar Klaim
Cobalah Anda bertanya kepada pihak pengelola rumah sakit atau dokter praktik yang ada di sekitar Anda, perusahaan asuransi mana yang membayar klaim asuransi paling cepat. Karena hal ini akan menentukan tingkat layanan rumah sakit kepada Anda.

Penggantian Secara Komplet
Ada asuransi kesehatan yang memberikan penggantian rawat inap saja. Tapi ada juga yang memberikan penggantian secara komplet, yaitu dengan rawat jalan dan obat. Nah, bila Anda sering sakit-sakitan dan pergi ke dokter, sebaiknya Anda mengambil asuransi kesehatan yang memberikan penggantian secara komplet. Tetapi bila Anda jarang sakit, untuk menekan premi, Anda sebaiknya cukup mengambil asuransi kesehatan yang memberikan penggantian rawat inap saja.

Mencairkan Klaim Asuransi
Kemudian dalam mencairkan klaim adalah hal terpenting dalam bisnis asuransi. Untuk itu, Anda perlu melengkapi informasi dan data yang detail dari rumah sakit sebagai bukti perawatan.

Sistem Kartu
Ada dua sistem klaim dalam asuransi kesehatan. Bayar dulu lalu ditagih belakangan, atau sistem kartu di mana Anda tidak perlu membayar apa-apa. Sebetulnya tidak ada perbedaan yang mendasar dari kedua jenis sistem klaim dari asuransi kesehatan tersebut. Yang membedakan adalah pada asuransi kesehatan dengan sistem kartu, pilihan tempat Anda berobat atau dirawat biasanya terbatas pada mereka yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi Anda. Ini karena RS/apotek tersebut perlu mengenali kartu Anda terlebih dahulu sebelum Anda dilayani.

Berbeda dengan sistem bayar di muka lalu ditagih belakangan, di mana Anda bisa berobat (hampir) di mana saja. Yang mana harus Anda ambil? Bila uang tunai tidak masalah untuk Anda, tidak apa-apa jika Anda mengambil asuransi kesehatan yang menggunakan sistem klaim belakangan. Tapi bila uang tunai Anda terbatas, akan lebih baik kalau Anda mengambil asuransi kesehatan dengan sistem kartu.

Kombinasi Layanan
Layanan asuransi kesehatan sekarang amat bervariasi. Di samping menawarkan jaminan pembiayaan pada waktu sakit, ada yang mengkombinasikannya dengan layanan tertentu. Misalnya, premi yang dibayarkan sebagian akan diberlakukan sebagai tabungan atau investasi. Tawaran ini memang menarik. Hanya saja, premi asuransi yang ditawarkan juga akan lebih besar. Tambahan lagi, mereka yang mengikuti program asuransi pada usia muda akan mendapat beberapa kemudahan, seperti, tidak diperlukan pemeriksaan kesehatan.

Pertahankan Pola Hidup Sehat
Meskipun pada gilirannya Anda dan keluarga Anda sudah menjadi nasabah asuransi kesehatan, pola hidup sehat harus tetap dijalankan. Bukankah sehat lebih baik daripada sakit, meskipun memang biayanya ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan? Jadi, jangan meninggalkan gaya hidup sehat meski telah menjadi nasabah asuransi kesehatan.
(Op);sumber: Genie/Genie/tty, okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar