Jumat, 24 Februari 2012

6 Gaya Mebel Unik Untuk Interior Rumah Anda

Mebel unik gaya Rococo (properti.net)
Setiap rumah pasti di dalamnya terdapat barang-barang meubel atau mebel, baik itu mebel biasa maupun mebel antik. Nah, buat Anda penggemar mebel antik, ada baiknya Anda mengenal gaya model antik ala barat berikut ini :
1. Rococo
Mebel antik dengan gaya Rococo berasal dari zaman sebelum revolusi Prancis. Gaya Rococo ini memang selalu dikaitkan dengan Louis XV. Desain pada gaya Rococo tidak seperti desain mebel lain yang mengutamakan nilai simetris dalam rancangannya. Sebaliknya furnitur Rococo lebih terlihat eksentrik dengan banyak lekukan dan didominasi oleh warna emas serta perak.

2. Chippendale
Mebel antik dengan gaya Chippendale ini berasal dari abad ke-18. Nama 'Chippendale' diambil dari nama pembuat laci, Thomas Chippendale. Ciri khas dari mebel antik bergaya Chippendale ini bisa dilihat dari bentuk kaki meja/kursi/lemari yang bulat dan tajam serta memiliki tekstur garis yang elegan. Gaya Chippendale umumnya dipengaruhi oleh desain bergaya Prancis, Asia dan Gothic.

3. Victoria
Mebel antik dengan gaya Victoria banyak dipengaruhi oleh gaya Rococo dan Federal. Kursi meja makan bergaya Victoria umumnya memiliki sandaran dan lengan berbentuk melengkung. Mebel antik bergaya Victoria juga identik dengan hiasan ukiran, berbobot berat serta terbuat dari kayu hitam. Popularitas mebel bergaya Victoria ini bertahan lama. Salah satu alasannya karena furnitur jenis ini merupakan mebel pertama yang diproduksi secara massal.

4. Federal
Mebel antik dengan gaya Federal yang juga dikenal dengan sebutan American Empire style ini memiliki ciri konstruksi bergaris lurus dan ringan. Duncan Phyfe, pembuat laci merupakan salah satu perajin yang identik dengan gaya Federal dan sering menggunakan motif lyre serta X-shaped. Dibanding dengan furnitur antik lainnya, gaya Federal dianggap memiliki desain yang halus.

5. Mission
Mebel antik dengan gaya Mission yang juga dikenal sebagai hasil kerajinan dan karya seni itu dipengaruhi budaya Amerika di abad 19 dan akhir abad 20. Ada yang menilai sentuhan gaya pada mebel ini diciptakan untuk merespon keunggulan gaya furnitur Victoria. Ciri khas dari gaya mebel antik Mission ini adalah simetris, simpel dan terlihat kokoh. Biasanya mebel ini diproduksi secara handmade dengan bahan baku kayu oak.

6. Abad Pertengahan Modern
Gaya mebel antik yang satu ini dipengaruhi oleh furnitur Skandinavia di tahun 1950an. Mebel bergaya Abad Pertengahan Modern ini berciri khas simetris dan terlihat bersih dengan warna yang cenderung berani dan terbuat dari bahan anorganik, seperti plastik dan besi. Selain itu mebel dengan gaya ini umumnya memiliki kaki yang kecil dan pendek. (Op/properti.net)

1 komentar:

  1. Keren banget nich galerynya interior..kang mas apa ahli interior nich koq banyak sekali yang menarik disini artikel interiornya...

    BalasHapus