Jumat, 09 Maret 2012

Perhitungan dan Cara Membeli Emas Batangan di Pegadaian

Emas batangan (Google Image)
Anda tertarik untuk membeli emas batangan di Perum Pegadaian? Sering kali sebelum membeli perhiasan, termasuk emas, kita harus mengecek dulu berapa harga emas di pasaran hari ini di toko emas, di Antam maupun di Pegadaian. Banyak sekali media yang menyajikan informasi mengenai harga emas terbaru dan terkini, termasuk juga harga emas batangan. Kali ini kami informasikan mengenai mekanisme dan kalkulasi pembelian emas batangan logam mulia di Perum Pegadaian, baik yang dibeli secara tunai maupun cicil.

Di Pegadaian Syariah maupun yang konvensional, secara hitungan kami rasa mirip. Secara umum, harga emas batangan yang di jual oleh Perum Pegadaian akan mengacu pada harga emas batangan yang dikeluarkan oleh Antam. Tambahannya, Pegadaian akan menambahkan margin sekitar 3-36% dari harga yang dikeluarkan Antam, ditambah lagi biaya administrasi sekitar Rp.50.000.

Untuk prosentase margin yang dikenakan oleh Pegadaian, bisa dilihat di bawah ini :
Jangka waktu tunai per satu bulan : Margin : 3%
Jangka waktu tunai per tiga bulan : Margin : 3,5% 
Jangka waktu tunai per enam bulan : Margin : 6% 
Jangka waktu tunai per 12 bulan : Margin : 12% 
Jangka waktu tunai per 18 bulan : Margin : 18% 
Jangka waktu tunai per 24 bulan : Margin : 24% 
Jangka waktu tunai per 36 bulan : Margin : 36% 

Untuk pembelian tunai tetap dikenakan margin sebesar 3% dan emas baru bisa diterima maksimal 1 bulan dari tanggal beli. Jadi semisal kita beli hari ini, selain dikenakan margin 3%, emas batangannya baru akan kita terima 1 bulan mendatang.
Untuk pembelian cicil/angsur melalui program MULIA di Pegadaian, maka disyaratkan pembayaran DP sejumlah 25% dari total harga emas batangan.

Tambahan syarat membeli emas di Pegadaian : Jika Anda berminat membeli emas batangan melalui Pegadaian, jangan lupa siapkan fotokopi KTP yang masih berlaku. (Op)/outletdinar.com

3 komentar:

  1. oh jadi seperti itu yach perhitungan membeli emas batangannya sobat...

    BalasHapus
  2. perlu dicoba teknik beli emas dipegadaian ini.

    BalasHapus
  3. Harga yang tertulis di ANTAM itu sudah termasuk margin belum, terima kasih.

    BalasHapus